Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan (BPMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai kiprah Melakukan pengkajian dan pengembangan model multimedia pendidikan. Berhubungan dengan kiprah dan fungsi BPMP untuk membuatkan model multimedia pendidikan serta jangkauan wilayah kerja secara nasional, maka BPMP perlu untuk mempublikasikan keberadaannya semoga dikenal oleh masyarakat luas yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Terlebih semoga programprogram yang telah dilaksanakan beserta produkproduknya sanggup secara eksklusif dikenal dan dinikmati oleh sekolah maupun seluruh stakeholder pendidikan. Untuk memperbanyak dan mengenalkan model multimedia ke seluruh indonesia BPMP akan melaksanakan Lomba Mobile Edukasi dengan total keseluruhan hadiah yang disediakan untuk semua kategori lebih dari Rp. 400.000.000.
Tujuan Lomba Mobile Edukasi 2020 :
- Memotivasi masyarakat untuk membuatkan materi berguru interaktif melalui perangkat handphone.
- Memotivasi siswa sekolah akan pentingnya materi bimbing /media pembelajaran berbasis TIK sebagai penunjang proses pembelajaran, khususnya mobile edukasi.
- Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh siswa sekolah melalui materi ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
- Memperkaya konten pendidikan di internet.
- Diharapkan dari kegiatan ini BPMP beserta program-programnya sanggup dikenal dan dirasakan secara eksklusif keuntungannya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.
Untuk mempopulerkan aktivitas mobile learning yang dikembangkan oleh BPMP, maka BPMP mengajak masyarakat khususnya pelajar, guru dan umum untuk berperan serta membuatkan materi bimbing multimedia berbasis mobile learning, dalam bentuk Lomba. Lomba tersebut berjulukan “Lomba Mobile Edukasi 2020” dengan tiga kategori, yakni kategori pelajar, guru dan umum.
Lomba Mobile Edukasi yaitu lomba pembuatan media pembelajaran berbasis device mobile dengan karya berupa aplikasi atau konten pembelajaran yang dijalankan pada handphone, smartphone atau tablet.
Sasaran dalam kegiatan ini yaitu pengembang mobile learning baik siswa, guru maupun khalayak umum. Selain itu produk hasil lomba sanggup dimanfaatkan oleh seluruh manusia pendidikan dari seluruh jenjang. Adapun sasaran yang hendak di raih yaitu 120 konten yang diupload ke http://medukasi.kemdikbud.go.id.
Pelaksanaan Lomba Mobile Edukasi 2020
Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibagi dalam 5 tahapan, yaitu:
- Tahap Sosialisasi/Publikasi
- Tahap Pendaftaran/Pengumpulan Karya
- Tahap Seleksi Karya
- Tahap Grand Final
- Tahap Penyerahan hadiah.
- Waktu dan Tempat Pendaftaran
Pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 1 April 2020 hingga Selasa, 1 September 2020 secara online.
- Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
- Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 9.000.000,-
- Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 7.500.000,-
- Terbaik 4-40 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
- Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
- Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
- Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
- Terbaik 4-40 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 3.000.000,-
- Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
- Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
- Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
- Terbaik 4-40 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 3.000.000,-
Setelah kegiatan sosialisasi selesai, dilanjutkan dengan penentuan waktu pengiriman hasil karya lomba bagi peserta. Waktu pengiriman hasil karya lomba bagi penerima ditentukan selama 5 bulan. Pendaftaran dan pengumpulan karya yang bertujuan untuk menjaring karya penerima dari aneka macam tempat di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online, penerima lomba wajib mendaftar secara resmi di website lomba di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba.
Langkah-langkah Pendaftaran
- Kunjungi web http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba
- Daftar menjadi penerima lomba.
- Nama user penerima yaitu alamat email yang didaftarkan
- Dengan menjadi penerima sanggup memperbaiki/melengkapi biodata dan mengupload/merefisi karya yang di ajukan.
Persyaratan Peserta :
- Warga Negara Indonesia (WNI).
- Kategori Pelajar : SMP, SMA/SMK atau sederajat (saat grandfinal masih berstatus pelajar dengan menunjukkan bukti yang syah)
- Kategori Guru : guru segala jenjang (saat grandfinal masih berstatus guru dengan menunjukkan surat keterangan dari kepala sekolah).
- Kategori Umum : mahasiswa atau masyarakat umum.
- Karakteristik Peserta
- Bersifat perorangan
- Bersifat kelompok maksimal 3 orang (panitia hanya menanggung biaya fasilitas hanya 1 orang dikala presentasi di babak final)
- Karya yaitu original dalam wangsit dan kreasi yang sanggup dibuktikan dalam penjurian.
- Karya berupa aktivitas Aplikasi mobile yang sanggup memperkaya konten di website m-edukasi (proses instalasi tidak melibatkan website pihak ketiga/app store).
- Aplikasi Mobile yang dimaksud yaitu aplikasi yang dijalankan pada perangkat handphone, smartphone atau tablet. boleh dikembangkan dengan platform apa saja (Misal : flash, flashlite, java, android atau apapun software pengembangnya).
- Didalam aktivitas mencantumkan splash screen dengan standar yang telah ditentukan panitia (didownload di website lomba).
- Materi bebas tetapi dilarang sama dengan yang pernah di sajikan dalam m-edukasi.kemdikbud.go.id (lihat daftar).
- Disajikan dengan memakai Bahasa Indonesia yang baik dan benar , kecuali mata pelajaran bahasa asing.
- Peserta yang masuk jawaban 15 besar per kategori, menyertakan SourceCode atau ReSource dikala presentasi di Grandfinal.
- Karya yang dilombakan belum pernah dipublikasikan dan/atau menjadi juara.
- Syarat utama karya yaitu "Karya berupa aplikasi/konten pembelajaran yang dijalankan pada handphone/tablet".
- Warga Negara Indonesia (WNI).
- Peserta diwajibkan aktif mengikuti berita/informasi dari panitia lomba melalui website, email dan media umum resmi lomba.
- Panitia tidak mendapatkan komplain keterlambatan dikarenakan penerima tidak mengikuti berita/informasi dari panitia lomba.
- Karya lomba yang diikutsertakan bersedia untuk diupload di web resmi Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan http://m-edukasi.kemdikbud.go.id semoga sanggup dimanfaatkan oleh seluruh manusia pendidikan.
- Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon penerima bila penerima atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
- Keputusan panitia dan/atau juri tidak sanggup diganggu gugat.
Sumber: http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba/indexweb.php
0 Komentar untuk "Lomba Mobile Edukasi 2020"