Soal & Respon Cobaan Final Pembatik Level 1 2022

40 Soal Ujian Akhir PembaTIK Level 1 Tahun 2022 Lengkap Dengan Jawaban - Peserta akan sanggup menempuh Ujian Akhir apabila penerima sudah mengakhiri rangkaian aktifitas yang dimulai dari menjawab Kuisioner Pra PembaTIK Level 1 dan Soal Pra PembaTIK Level 1. Selain itu, penerima diperlukan mengerti beberapa syarat dan ketentuan Ujian Akhir, yaitu:
  • Setiap penerima akan mendapatkan soal yang berbeda-beda;
  • Pilihlah salah satu respon yang benar;
  • Ujian Akhir dilakukan selama waktu sudah ditentukan;
  • Peserta cuma mendapatkan 1 (satu) kali peluang menjalankan ujian;
  • Peserta wajib menjalankan cobaan tamat secara mandiri;
  • Peserta dihentikan untuk menyebarluaskan soal dan/atau respon cobaan akhir;
  • Pusdatin selaku penyelenggara pembatik berhak mendiskualifikasi penerima apabila didapatkan kecurangan dalam menjalankan cobaan akhir;
  • Dengan mengklik tombol 'kerjakan', maka penerima dinyatakan menyepakati syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sebagai media memajukan informasi, kali ini paperplane akan membagikan Kunci Jawaban Ujian Akhir PembaTIK Level 1 Tahun 2022 yang sanggup dijadikan tumpuan bagi Bapak / Ibu dalam menjawab soal Pembatik Tahun 2022.




Soal & Kunci Jawaban Ujian Akhir PembaTIK Level 1 Tahun 2022



1. Berikut ini yakni aspek-aspek mendasar dari Society 5.0 kecuali:
a. Pencapaian tingkat konvergensi yang tinggi antara ruang maya (ruang virtual) dan ruang fisik (ruang nyata)
b. Perkembangan TIK menenteng efek drastis bagi penduduk dan industri dimana pertumbuhan di bidang industri dan pertumbuhan ekonomi yakni faktor yang lebih penting ketimbang aspek-aspek lain di kehidupan bermasyarakat
c. Teknologi dan insan akan hidup berdampingan dalam rangka meningkatkan mutu taraf hidup manmusia secara berkelanjutan
d. Era dimana metode teknologi kecerdasan insan itu sendiri dengan tujuan untuk membangun kekerabatan dan interaksi antar insan sejalan dengan teknologi pintar yang diciptakan oleh manusia.
e. Penerapan teknologi pada revolusi industri 4.0 yang memperhatikan faktor humaniora untuk menciptakan cara-cara solusi masalah-masalah sosial dengan memadukan data lewat teknologi informaswi untuk pendorong kenaikan kecerdasan sumber daya manusia


2. Berikut ini yakni contoh-contoh dari area kompetensi digital (digital competence) menurut DigComp 2.1, kecuali:
a. Menggunakan teknologi digital dan taktik untuk menyeragamkan assessment
b. Menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan inklusi, personalisasi dan keterlibatan aktif siswa
c. Menggunakan teknologi digital untuk komunikasi, kolaborasi, dan pengembangan professional
d. Mendesain pembelajaran siswa dengan menggunakan teknologi digital dengan inovatif dan bertanggung jawab untuk informasi, komunikasi, pengerjaan konten, dan kemakmuran pemecahan masalah
e. Mengembangkan lingkungan berguru yang melibatkan tugas serta teknologi sehingga menumbuhkan keingintahuan siswa serta ikut ikut serta aktif dalam menyusun tujuan pembelajaran, mengorganisir pembelajaran, dan mengukur poerkembangan belajarnya sendiri (self-regulated learning)


3. Portal Rumah Belajar yakni suatu inovasi portal pembelajaran dari Pusdatin Kemendikbudristek yang sanggup dimanfaatkan oleh penerima didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. Berikut ini yakni fitur-fitur utama dan penunjang yang ada pada portal Rumah Belajar, kecuali:
a. Sumber Belajar, Kelas Maya, Augmented Reality
b. Bank Soal, Laboratorium Maya, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan,
c. Kelas Maya, Wahana Pena, Jelajah Sastra
d. Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Buku Sekolah Elektronik
e. Buku Sekolah Elektronik, Karya Bahasa dan Sastra, Blog Pena


4. Berikut ini yakni layanan berbasis TIK dari Kemendikbudristek untuk mendukung pembelajaran dalam menumbuhkan ekosistem digital menuju merdeka berguru lewat platform-platform digital dibawah ini, kecuali:
a. Akun Pembelajaran Belajar.id
b. Platform Guru Belajar Bersama
c. Portal Rumah Belajar
d. Platform Merdeka Mengajar
e. SIM-PKB GTK


5. Berikut ini yakni pernyataan-pernyataan yang bvenar terkait dengan akun pembelajaran belajar.id, kecuali:
a. Digunakan secara terbatas oleh tenaga kependidikan dan dinas pendidikan lewat proses verifikasi khusus dari Pemerintah Daerah
b. Terdiri dari nama akun (USER ID) dan kata sandi (password) yang dapat didapatkan lewat https://belajar.id dengan memasukkan data-data lengkap sesuai dengan yang ditentukan
c. Terdiri dari nama akun (USER ID) dan kata sandi (password) yang dapat didapatkan lewat operator sekolah lewat laman pd.data.kemdikbud.go.id dengan memasukkan data-data lengkap sesuai dengan yang ditentukan
d. Admin Sekolah yang berisikan Kepala Satuan Pendidikan (Kepala Sekolah) dan Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) ialah pihak yang berwenang untuk melaksanakan pergeseran pada Akun Pembelajaran milik Pendidik dan Peserta Didik.
e. Dengan memiliki akun pembelajaran belajar.id, secara otomatis user mendapatkan kanal ke aplikasi-aplikasi penunjang pembelajaran dalam Google Workspace for Education yang siap pakai dan sudah banyak digunakan public


6. Berikut ini yakni beberapa aplikasi pembelajaran yang dapat diaklses dengan akun pembelajaran belajar.id, kecuali:
a. E-mail penyimpanan dan pembagian dokumen secara elektronik serta TanyaBos untuk lembaga atau wadah Tanya jawab.
b. Rumah Belajar Kemendikbudristek untuk materi pembelajaran
c. Pelaksanaan dan penjadwalan proses pembelajaran secara elektronik baik sinkronus maupun asinkronous
d. SIMPKB dalam mengorganisir tata kelola pengembangan keprofesian berkelanjutan.
e. Pengelolaan tata kelola pembelajaran secara terpola dan konvensional


7. Berikut ini yakni pernyataan-pernyatan yang benar terkait dengan Platform Merdeka Mengajar (PMM), kecuali:
a. PMM didesain untuk para pendidik dan penerima didik yang diluncurkan pada episode ke-XII Merdeka Belajar
b. PMM yakni platform edukasi yang sanggup menjadi kawan pelopor untuk guru dalam mengajar, belajar, dan berkarya untuk merealisasikan Pelajar Pancasila.
c. PMM yakni platform edukasi yang sanggup memudahkan guru mengajar sesuai kesanggupan murid, menawarkan training untuk optimalkan kompetensi, serta berkarya untuk memberi pemikiran rekan sejawat.
d. PMM memiliki beberapa fitur utama yakni video inspirasi, training mandiri, bukti karya saya, assessment murid, perangkat ajar
e. Aplikasi PMM sanggup diunduh lewat Google Playstore untuk gawai Android dan juga sanggup diakses lewat laman situs https://guru.kemdikbud.go.id


8. Berikut ini yakni pernyataan-pernyataan yang benar mengenai kurikulum merdeka, kecuali:
a. Penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya dimana Satuan Pendidikan perlu mengembangkannnya dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan keadaan satuan pendidikan, potensi daerah, dan penerima didik.
b. Pada kurikulum merdeka, siswa bebas menegaskan sesuai minat dan bakal masing-masing dan guru serta sekolah diberi keleluasaan menegaskan kurikulum sesuai karakteristik sekolahnya.
c. Pada implementasi kurikulum Merdeka, sekolah mesti meninggalkan kurikulum 2013 dan kurikulum darurat sesegera mungkin untuk kemudian menerapkan kurikulum merdeka
d. Penerapan kurikulum Merdeka mesti dibarengi dengan aneka macam upaya penguatan kapasitas guru dan kepala sekolah, pendampingan bagi pemerintah daerah, serta penataan metode penilaian dan infrastruktur yang lebih adil untuk sanggup secara inovatif merevitalisasi metode pendidikan dan prosedur pembelajaran di Indonesia
e. Pada kurikulum merdeka, tidak ada lagi jadwal peminatan di Sekolah Menengan Atas sehingga penerima didik menegaskan mata pelajaran sesuai minat, bakat, dan aspirasinya


9. Berikut ini yakni pernyataan-pernyataan yang benar terkait dengan episode ke-XIX Merdeka Belajar: Rapor Pendidikan Indonesia, kecuali:
a. Platform Rapor Pendidikan berisi laporan hasil Asesmen Nasional (AN) dan analisis data lintas sektor untuk masing-masing satuan pendidikan dan daerah
b. Tujuan dari diluncurkannya Platform Rapor Pendidikan yakni untuk menolong satuan pendidikan dan dinas pendidikan mengidentifikasi capaian dan akar masalah, melaksanakan refleksi, serta mendesain tindakan pembenahan yang efektif berbasis data.
c. Pada episode ke-XIX ini, Mendikbudristek menghimbau para pemangku kepentingan untuk secepatnya memunculkan Rapor Pendidikan selaku landasan bagi semua untuk melaksanakan penilaian dan perbaikan di satuan pendidikan masing-masing.
d. Penekanan dalam penerapan Assessmen Nasional (AN) yakni penilaian yang berorientasi pada mutu, metode dan pengumpulan warta yang terintegrasi, serta mendorong refleksi dan perbaikan sehingga bukan sekadar hasil akhir.
e. Asesmen Nasional dilakukan dengan penyempurnaan pengukuran faktor kognitif dan non-kognitif serta penggunaan teknologi tetapi tidak mengambil alih Ujian Nasional (UN)


10. Platform digital apakah yang diluncurkan secara khusus pada episode ke-XIII Merdeka Belajar?
a. Platform Sumber Daya Sekolah (SDS)
b. Dana Indonesiana
c. Kanal Indonesiana
d. Merdeka Mengajar
e. Rapor Pendidikan Indonesia


11. Google dan mirosoft memiliki salah satu fitur kerja sama yakni papan tulis digital. Aplikasi tersebut adalah....
a. Docs dan Word
b. Sheet dan jamboard
c. Slide dan Power Point
d. Jamboard dan Whiteboard
e. Whiteboard dan Slide


12. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Bagikan terbatas terhadap siapa yang memiliki link
2. Bagikan di grup kementrian pendidikan dan kebudayaan bagi yang memiliki link
3. Bagikan terhadap siapa pun yang memiliki link
4. Bagikan terhadap siapa pun yang memiliki alamat URL
Yang ialah cara membagikan file di google docs pada belajar.id yakni ...
a. 1,2,3
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 4
e. 1,2,3,4


13. Untuk melaksanakan riset atau penelusuran data atau warta secara eksklusif pada Google Slide, kawan sanggup menggunakan suguhan ...
a. Comment
b. Share
c. Explore
d. Search
e. Save


14. Fungsi suguhan Comment pada Google Docs Editors yakni ...
a. Untuk berdiskusi atau memberi dan meminta komentar pada lembar kerja secara langsung
b. Untuk memperbaiki kesalahan pengguna lain pada lembar kerja
c. Untuk mengembalikan batas pengeditan tamat pada lembar kerja
d. Untuk memanggil pengguna lain untuk melakukan pekerjaan pada dokumen yang sedang dikerjakan
e. Untuk membagikan file pekerjaan terhadap orang lain


15. Ibu Hanny ingin mengolah data nilai yang ia temukan dari Ujian Online yang sudah ia laksanakan. Untuk memudahkan pekerjaannya, maka bu hanny sanggup menggunakan fitur ....
a. Google Sheets
b. Google Form
c. Google Slides
d. Google Docs
e. Google Sites


16. GoogleDrive, OneDrive, Dropbox yakni jenis aplikasi untuk...
a. Penyingkat link
b. Penyimpanan luring
c. Penyimpanan daring
d. Korespondensi luring
e. Pembelajaran online


17. Jumlah optimal penyimpanan file gratis pada google drive yaitu...
a. 2 GB
b. 5 GB
c. 10 GB
d. 15 GB
e. 20 GB


18. Pilihan tingkat izin editor yang diberikan di saat akan membagikan file Gdrive, maka pengakses tersebut dapat...
a. Melihat file dan folder
b. Mengunduh file dan folder
c. Menghapus file dan folder.
d. Meninggalkan komentar pada file
e. Menambahkan, mengedit dan memajukan file dengan orang lain


19. Jika kita ingin menggunakan aplikasi onedrive dalam berkolaborasi, maka salah satu dari rekan kerja sama kita mesti memiliki ...
a. bit.ly
b. dropbox
c. sharedrive
d. googledrive
e. microsoft 365


20. Untuk menciptakan link yang panjang menjadi pendek dan ringkas dengan tidak memengaruhi isi dari link, sanggup menggunakan aplikasi ...
a. bit.ly
b. dropbox
c. onedrive
d. googledrive
e. microsoft365


21. Menurut Burns, media biasa yakni ...
a. Platform yang bersifat pribadi yang memungkinkan adanya pertukaran konten antar pengguna
b. Platform berbasis internet untuk memajukan konten yang diciptakan antara pengguna satu dan pengguna lainnya
c. Platform yang bersifat public yang memungkinkan adanya pertukaran konten antar pengguna
d. Platform untuk berkolaborasi dengan sesama pengguna tanpa perlu koneksi internet
e. Platform untuk mengakses hiburan dan warta terkini


22. Cermati opsi dibawah ini!
1. Media sosial mengijinkan orang untuk membentuk identitas diri
2. Media sosial memungkinkan orang untuk mempertahankan kekerabatan mereka dengan cara yang berbeda.
3. Media sosial memungkinkan orang untuk melaksanakan pekerjaan.
4. Media sosial memungkinkan orang untuk memiliki data pribadi dari pengguna lainnya
5. Media sosial memungkinkan orang untuk mencari warta atau memajukan ide
6. Media sosial memungkinkan orang untuk memajukan informasi, berbincang nasehat atau menimbang-nimbang nasehat orang lain
7. Media sosial memungkinkan orang untuk mendapatkan hiburan
Fungsi biasa dari media sosial, yakni ...
a. 2,3,4,5,6
b. 2,3,4,5,7
c. 2,4,5,6,7
d. 1,2,3,5,6,7
e. 1,3,4,5,6,7


23. Cermati opsi dibawah ini!
1. Jaringan
2. Informasi
3. Arsip
4. Interaksi
5. Simulasi Sosial
6. Privasi
7. Konten oleh pengguna
8. Penyebaran
Karakteristik dari media biasa menurut Nasrullah, yakni ...
a. 1,2,3,4,5,7,8
b. 1,2,3,4,5,6,7
c. 1,2,4,5,6,7,8
d. 1,2,3,4,5,6,8
e. 1,3,4,5,6,7,8


24. Salah satu karakteristik media biasa yakni arsip. Apa yang dimaksud dengan arsip?
a. Pengguna sanggup memproduksi kontennya sendiri
b. Konten yang diunggah ke dalam media biasa sanggup didistribusikan dan dikembangkan oleh pengguna lainnya
c. Setiap apapun yang diunggah di media biasa akan tersimpan sebagaimana di saat diunggah
d. Terjadinya simulasi sosial antar pengguna dan kadang kala bisa berbanding terbalik dari realita dan fakta.
e. Media sosial memungkinkan beberapa bentuk partisipasi dari pengguna


25. Cermati opsi dibawah ini!
1. Facebook
2. Youtube
3. Telegram
4. Snapchat
5. Twitter
Jenis media biasa terkenal terbuka yaitu, yakni ...
a. 1,2,3,4
b. 1,2,3,5
c. 2,3,4,5
d. 1,3,4,5
e. 1,2,4,5


26. Fitur ini memungkinkan pengguna Instagram untuk bertukar pesan. Apa nama fitur instagram tersebut?
a. Comment
b. Direct message
c. Reactions
d. Message
e. Subscribe


27. Twitter ialah media biasa yang berbasis mikro blog. Berapa batas-batas huruf untuk setiap tweet pada Twitter?
a. 280 karakter
b. 140 karakter
c. 160 karakter
d. 300 karakter
e. 250 karakter


28. Perkembangan media biasa dimulai seiring dengan perkembangan teknologi 2.0. Hal yang menandai perkembangan tersebut yakni ...
a. Orang bersimbiosis dengan mesin atau sebaliknya lewat perangkat
b. Perusahaan menerbitkan konten
c. Hadirnya blog dan media sosial
d. Web masa depan dalam tahap perkembangan
e. Hadirnya personal website


29. Kapan media biasa Facebook pertama kali diluncurkan?
a. 2014
b. 2005
c. 2006
d. 2004
e. 2015


30. Koleksi, subtitle, live streaming dan eksplorasi. Beberapa fitur tersebut terdapat pada media biasa ...
a. Facebook
b. Snapchat
c. YouTube
d. Instagram
e. TikTok


31. Canva tergolong aplikasi
a. Game
b. Musik
c. Video
d. Desain
e. Gambar


32. Berikut ini pernyataan yang benar wacana Canva, kecuali:
a. Aplikasi design grafis
b. Bisa di pakai mendesign kartu ucapan,poster,brosur,infografik sampai presentasi
c. Tersedia dalam aneka macam versi,web,iPhone,android
d. Media lukis yang memiliki pori-pori dan sudah di tutup cat dasar warna putih,lebih sering digunakan untuk melukis dengan cat minyak
e. Hanya perlu melaksanakan drag and drop gambar maupun animasi yang sudah tersedia tanpa mendesign.


33. Infografis yang dapat di suguhkan 2 atau 3 dimensi adalah:
a. Infografis interaksi
b. Infografis animasi
c. Infografis elemen-elemen
d. Infografis proses
e. Infografis Motion


34. Manakah yang tergolong Fitur canva dibawah ini
a. Text,colour,palatte,filter transparency dan branding
b. Desain sesuai keinginan
c. Animasi, pilih gambar yang mau di gunakan
d. Demo dan jenis desain
e. Iklan


35. Kelebihan aplikasi canva selaku berikut, kecuali adalah
a. Interfacenya simple,namun lengkap,bisa menciptakan rancangan untuk kebutuhan digital,maupun fisik
b. Fitur lengkap dan mudah,tinggal drag and drop,canva sudah menyiapkan aneka macam template dan font yang siap di gunakan
c. Hasil rancangan bisa di donload dalam format png,pdf,dll
d. Memanipulasi data
e. Hasil rancangan bisa didownload dalam format pdf


36. Salah satu Platform untuk menciptakan soal dan kuis yakni Kahoot yang memiliki keistimewaan antara lain
a. Suasana kelas membosankan
b. Kahoot cuma bisa di kanal oleh guru
c. Anak-anak di latih untuk menggunakan teknologi selaku media untuk belajar
d. Anak-anak di latih kesanggupan literasinya dalam mengoprasikan kahoot!
e. Anak – anak dilatih kesanggupan numerasinya lewat Kahoot


37. Dalam pembelajaran, Kahoot tidak Dapat di gunakan untuk
a. Pre-test,post-test
b. Latihan soal
c. Penguatan materi
d. Remedial,pengayaan dan lainnya
e. Mencari Jawaban Ujian


38. Untuk menyertakan pertanyaan gres Pada Permainan Kahoot!, maka sanggup klik tombol
a. Add question
b. True or fals
c. Quiz
d. Create
e. Setting


39. Platform Quizizz yakni salah satu platform berbasis
a. Game
b. Musik
c. Video
d. Desain
e. Gambar


40. Jika link game sudah tersedia seumpama gambar,maka sanggup di bagikan melalui


a. Email
b. Bank Soal
c. Wordpress
d. Grup Whatsapp
e. Blogspot


Demikian warta tentang Soal & Jawaban Ujian Akhir PembaTIK Level 1 2022 yang dapat paperplane bagikan, biar ada faedah didalamnya dan terima kasih.

Sumber https://www.sinau-thewe.com

Related : Soal & Respon Cobaan Final Pembatik Level 1 2022

0 Komentar untuk "Soal & Respon Cobaan Final Pembatik Level 1 2022"

DUKUNG KAMI

SAWER Ngopi Disini.! Merasa Terbantu Dengan artikel ini? Ayo Traktir Kopi Dengan Cara Berbagi Donasi. Agar Kami Tambah Semangat. Terimakasih :)
close
close