Ppkn Viii Potongan 5 Sumpah Cowok Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Untuk menolong kalian menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut disampaikan pembahasan wacana Makna Sumpah Pemuda.

Kalian juga sanggup mencari isu dari banyak sekali sumber menuntut ilmu yang lain. 

Peristiwa sejarah Soempah Pemoeda atau Sumpah Pemuda merupakan suatu legalisasi dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa.

Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati selaku Hari Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda merupakan babak gres bagi usaha bangsa Indonesia lantaran usaha yang bersifat setempat kedaerahan bermetamorfosis usaha yang bersifat nasional.

Para cowok sadar bahwa usaha yang bersifat setempat merupakan sia-sia. 

Mereka juga sadar bahwa cuma dengan persatuan dan kesatuan impian kemerdekaan sanggup diraih.

Pada tahun 1908, bangsa Indonesia mulai bangkit. 

Di kepingan sebelumnya, kita sudah membahas bahwa kebangkitan bangsa Indonesia ini ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo (Budi Utomo). 

Berdirinya Budi Utomo mendorong bermunculannya organisasi Pemuda, menyerupai berikut.

Trikoro Dharmo diresmikan oleh R. Saitman Wiryosanjoyo, dkk. Di gedung STOVIA Jakarta pada tahun 1915.

Trikoro Dharmo merupakan cikal bakal Java. 

Ia memiliki tiga visi mulia yakni sakti mempunyai arti kekuasaan dan kecerdasan, budi mempunyai arti kasih bijaksana, bhakti mempunyai arti kasih sayang. 

Tujuan Trikoro Dharmo selaku berikut:

  • Mempererat tali persaudaraan antar siswa-siswi Bumi Putra pada sekolah menengah dan kejuruan.
  • Menambah pengetahuana lazim bagi anggotanya.
  • Membangitkan dan dan mempertajam peranan untuk segala bahasa dan budaya.


Dalam kongres pertamanya di Solo pada tanggal 12 Juni 1918, Trikoro Dharmo merubah namanya menjadi Jong Java. 

Kongres juga menentukan pergeseran haluan organisasi, dari semula organisasi non politik menjadi organisasi politik. 

Pada kongres berikutnya di tahun 1926, Jong Java menyatakan dalam budget dasarnya hendak menggugah rasa persatuan seluruh bangsa Indonesia serta kolaborasi dengan semua organisasi cowok dalam rangka membentuk ke-Indonesiaan. 

Dengan demikian, organisasi ini meniadakan sifat Jawa-sentris serta mulai terbuka melakukan pekerjaan sama dengan pemuda-pemuda bukan Jawa.

Organisasi kepemudaan Persatuan Pemuda-Pelajar Sumatera atau Jong Sumateranen Bond, diresmikan pada tahun 1917 di Jakarta. 

Pada Kongres ketiga, Jong Sumateranen Bond melontarkan pedoman Moh.

Yamin, yakni anjuran biar penduduk Nusantara menggunakan bahasa Melayu selaku bahasa pengirim dan bahasa persatuan.

Jong Sumateranen Bond melahirkan tokoh-tokoh besar menyerupai Moh. Hatta, Moh. Yamin, dan Bahder Johan.


Organisasi kepemudaan yang tidak berlatar belakang suku dan kedaerahan merupakan Perhimpunan Indonesia. Perhimpunan Indonesia paling gencar mengumandangkan persatuan bangsa Indonesia di Belanda.

Perhimpunan Indonesia beranggotakan para cowok dari banyak sekali suku dan pulau di Indonesia. 

Lahirnya banyak sekali organisasi cowok dan adanya kesempatan cowok untuk bersatu, para cowok menghimpunkan dirinya dalam Kongres Pemuda.

Pada tahun 1926, banyak sekali organisasi kepemudaan menyelenggarakan Kongres Pemuda I di Yogyakarta.

Kongres Pemuda I, sudah menampilkan adanya kekuatan untuk membangun persatuan dari seluruh organisasi cowok yang ada di Indonesia.

Kongres Pemuda I sukses merumuskan dasar-dasar pedoman bersama. Kesepakatan itu termasuk dua hal berikut.

  • cita-cita Indonesia merdeka menjadi impian semua cowok Indonesia, dan
  • semua asosiasi cowok berdaya upaya menggalang persatuan organisasi cowok dalam satu wadah.

Hasil akad ini bisa memajukan perkembangan yang mendukung arti pentingnya kesatuan dan persatuan antar organisasi pemuda.

Hal ini merupakan prestasi besar pada dikala itu. 

Kongres Pemuda II, atau dipahami selaku Kongres Pemuda 28 Oktober 1928, dilaksanakan dalam tiga sesi di tiga tempat berlainan oleh penggagasnya, organisasi Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) yang beranggotakan pelajar dari seluruh wilayah Indonesia.

Kongres Pemuda didatangi oleh banyak sekali wakil organisasi kepemudaan, yakni Jong Java, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Sumateranen Bond, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon, dan yang lain serta pengamat dari cowok Tionghoa menyerupai Kwee Thiam Hong, John Lauw Tjoan Hok, Oey Kay Siang, dan Tjoi Djien Kwie.

Rapat pertama, Sabtu, 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB) Waterlooplein dahulu Lapangan Banteng. 

Dalam sambutannya, Ketua PPPI Sugondo Djojopoespito berharap kongres ini sanggup memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda. 

Acara dilanjutkan dengan uraian Moehammad Yamin wacana arti dan kekerabatan persatuan dan pemuda. 

Menurutnya, ada lima aspek yang dapat memperkuat persatuan Indonesia yakni sejarah, bahasa, aturan adat, pendidikan, dan kemauan.

Rapat kedua, Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas perkara pendidikan. 

Kedua pembicara, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, beropini bahwa anak mesti memperoleh pendidikan kebangsaan, mesti pula ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. 

Anak juga mesti dididik secara demokratis.

Pada rapat penutup, di Gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106, Sunario menerangkan pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan. 

Ramelan mengemukakan, gerakan kepanduan tidak dapat dipisahkan dari pergerakan nasional.

Gerakan kepanduan sejak dini mendidik belum dewasa disiplin dan mandiri, hal-hal yang dikehendaki dalam perjuangan.

Adapun panitia Kongres Pemuda selaku berikut.

Ketua : Soegondo Djojopoespito (PPPI)

Wakil Ketua : R.M. Djoko Marsaid (Jong Java)

Sekretaris : Moehammad Yamin (Jong Sumateranen Bond)

Bendahara : Amir Sjarifuddin (Jong Bataks Bond)

Pembantu I : Djohan Mohammad Tjai (Jong Islamieten Bond)

Pembantu II : R. Katja Soengkana (Pemoeda Indonesia)

Pembantu III : Senduk (Jong Celebes)

Pembantu IV : Johanes Leimena (Jong Ambon)

Pembantu V : Rochjani Soe’oed (Pemoeda Kaoem Betawi)

Rumusan Sumpah Pemuda ditulis oleh Moehammad Yamin pada selembar kertas di saat Mr. Sunario, selaku delegasi kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. 

Sumpah tersebut mulanya dibacakan oleh Soegondo dan lalu diterangkan secara panjang lebar oleh Muh. Yamin.

Isi dari Sumpah Pemuda Hasil Kongres Pemuda Kedua merupakan selaku berikut:


PERTAMA :

Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah yang Satu, Tanah Indonesia).


KEDOEA : 

Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa yang Satu, Bangsa Indonesia).


KETIGA : 

Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).


Dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang bersejarah tersebut, diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia untuk yang pertama kali yang diciptakan oleh W.R. Soepratman.

Lagu Indonesia Raya dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 pada media cetak surat kabar Sin Po dengan mencantumkan teks yang memastikan bahwa lagu itu merupakan lagu kebangsaan.

Lagu itu sempat tidak boleh oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda, tetapi para cowok terus menyanyikannya.

Gema Sumpah Pemuda terus menjalar dalam dada generasi muda Indonesia pada waktu itu, tergolong para cowok keturunan Arab yang ada di Indonesia.

Para cowok keturunan Arab yang dimotori oleh AR Baswedan menjalankan Kongres di Semarang dan menyatakan Sumpah Pemuda Keturunan Arab.

Sumpah ini dilaksanakan oleh pemuda-pemuda peranakan  Arab pada tanggal 4–5 Oktober 1934. 

Dalam kongres ini, mereka bersepakat untuk mengakui Indonesia selaku tanah air mereka lantaran sebelumnya golongan keturunan Arab berangapan bahwa tanah air mereka merupakan negeri-negeri Arab dan selalu berorientasi ke Arab.

Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 bukan cuma menggerakkan para cowok untuk menjangkau kemerdekaan, tetapi juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia selaku suatu negara.

Sumpah Pemuda sudah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari para pemuda.

Suatu semangat yang dibangun atas dasar kesamaan nasib dan cita-cita, yang lalu dikemas dengan komitmen untuk senasib sepenanggungan selaku satu bangsa, satu tanah air yang pertama-tama ditandai dengan disepakatinya bahasa universal antarbangsa, bahasa Indonesia.

Semangat Sumpah Pemuda meraih puncaknya pada tanggal 17 Agustus 1945 di saat Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Sejak itu, Indonesia yang terdiri atas banyak sekali etnis, agama, dan golongan menjadi bangsa yang merdeka dan bersatu.

Kemerdekaan mengobrol potensi bagi bangsa Indonesia untuk merealisasikan penduduk yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Semangat Sumpah Pemuda mesti tetap ada setelah kemerdekaan bangsa Indonesia diraih.

Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia akan hancur apabila bangsa Indonesia tidak lagi memiliki semangat bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu, yakni Indonesia

Semangat Sumpah Pemuda sanggup dijabarkan dalam nilai-nilai berikut ini:


Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah yang Satu, Tanah Indonesia.

Tanah Indonesia merupakan seluruh wilayah Indonesia baik di darat dan di laut. Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki luas wilayah daratan dan lautan sebesar 5.180.053 km².

Wilayah yang luas ini menempatkan Indonesia selaku negara paling luas ke-7 di dunia setelah Rusia, Kanada, Amerika Serikat, Cina, Brasil, dan Australia.

Menurut letak astronomi, Indonesia terletak pada 6° LU (Lintang Utara) – 11° LS (Lintang Selatan) dan antara 95° BT (Bujur Timur) – 141° BT (Bujur Timur). Indonesia disebut juga Nusantara, Nusantara mempunyai arti kepulauan yang terpisahkan oleh lautan.

Jumlah kepulauan yang dimiliki Indonesia sebanyak 13.466 pulau. Tanah Indonesia sungguh indah dan kaya. 

Bangsa lain menyebut Indonesia selaku Zamrud Khatulistiwa. Sebagai warga negara, kita selayaknya gembira terhadap tanah air Indonesia.

Kita hidup di negeri yang sungguh indah. Bangsa lain yang hidup di tanah yang kering dan gersang pun rindu akan tanah airnya.

Janganlah kita rindu dan cinta tanah air lantaran kita berada di negara orang lain.

Kita bangun kecintaan dan sanjungan terhadap tanah air Indonesia kini ini dengan agresi konkret menyerupai mempertahankan dan memperhatikan lingkungan sekitar kita.


Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa yang Satu, Bangsa Indonesia.

Pengakuan kita selaku bangsa Indonesia merupakan bentuk dari paham kebangsaan. Paham kebangsaan disebut juga kesadaran berbangsa. 

Rasa kebangsaan Indonesia berkembang dari sejarah panjang bangsa.

Berawal dari kehendak ingin bersatu penduduk yang memiliki latar belakang yang sungguh majemuk, lalu meningkat menjadi kepercayaan untuk menjadi satu bangsa yang hasilnya dideklarasikan oleh sejumlah cowok pada dikala Kongres Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. 

Kita selaku generasi penerus memiliki keharusan untuk melestarikannya.

Pelestarian rasa kebangsaan Indonesia merupakan salah satu usaha untuk tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai bangsa, kita tetap mesti optimis, lantaran masih banyak potensi bangsa ini yang sanggup dikembangkan demi tetap terpeliharanya rasa kebangsaan dan sanggup dijadikan pijakan untuk usaha-usaha memelihara dan memajukan rasa kebangsaan Indonesia itu sendiri.


Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda memastikan bahwa bahasa persatuan merupakan bahasa Indonesia. 

Bahasa Indonesia memiliki tugas yang sungguh menyeleksi dalam perkembangan kehidupan bangsa Indonesia.

Dalam masa usaha kemerdekaan, bahasa Indonesia sukses menjadi alat komunikasi untuk menggugah dan menggalang semangat kebangsaan dan semangat usaha dalam mengirimkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan.

Kenyataan sejarah itu mempunyai arti bahwa bahasa Indonesia selaku bahasa persatuan sudah berfungsi secara efektif selaku alat komunikasi antarsuku, antardaerah, dan bahkan antarbudaya

Bahasa Indonesia ditetapkan selaku bahasa negara. Bahasa Indonesia menjadi alat komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Bahasa Indonesia tidak cuma digunakan selaku bahasa resmi dalam penyelenggaraan kehidupan negara dan pemerintahan, tetapi juga selaku bahasa pengirim pada jenis dan jenjang pendidikan, selaku bahasa perhubungan nasional (terutama dalam kaitannya dengan penyusunan rencana dan pelaksanaan pembangunan nasional), selaku fasilitas training dan pengembangan kebudayaan nasional.

Kedudukan bahasa Indonesia selaku bahasa persatuan dan bahasa negara masih mesti terus dimantapkan.

Kalian semua pastinya sudah cekatan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia. 

Hanya terkadang seorang siswa tidak menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar mempertegas jati diri kita selaku bangsa


Peserta dan panitia Kongres Panitia Kongres Pemuda II di antaranya: Soegondo Djojopoespito (PPPI), R.M. Djoko Marsaid (Jong Java), Moehammad Yamin (Jong Sumateranen Bond), Amir Sjarifuddin (Jong Bataks Bond), Djohan Mohammad Tjai (Jong Islamieten Bond), R. Katja Soengkana (Pemoeda Indonesia), Senduk (Jong Celebes), Johanes Leimena (Jong Ambon), dan Rochjani Soeoed (Pemoeda Kaoem Betawi).

Makin banyaknya organisasi yang bermunculan menyerupai Budi Utomo mendorong kaum intelektual  pada dikala itu untuk membentuk gerekan yang senada dan turut ambil kepingan dalam sejarah pergerakan nasional. 

Partai Nasional Indonesia (PNI) diresmikan pada tahun 1927.

PNI berkembang dan meningkat menjadi salah satu partai politik besar lengan berkuasa pada dikala itu. 

PNI  selaku partai nasionalis tergolong bisa meningkat dengan sungguh pesat lantaran semua golongan dirangkul untuk bergabung dan bersatu.

Pada tahun 1929, PNI menjalankan kongres dan mencetuskan cita cita sosialisme dan semangat nonkooperasi. Berita ini pun mulai mengakibatkan reaksi dari pemerintahan kolonial Belanda. 

Pemerintah Belanda menangkap para pemimpin PNI, yakni Ir. Soekarno, Gatot Mangkupraja, Maskun, dan Suriadinata.

Kemudian, keempat tokoh tersebut disidangkan di pengadilan Bandung pada tahun 1930. 

Sejarah mencatat beberapa pejuang nasional yang berjuang dan meninggal usia muda. Para Pahlawan tersebut diantaranya selaku berikut.

Wage Rudolf Supratman atau dipahami dengan W.R. Supratman merupakan pengarang lagu kebangsaan Indonesia Raya yang sudah dikukuhkan selaku pahlwan nasional Indonesia. 

W.R Supratman lahir di Jatinegara, Jakarta pada tanggal 9 Maret 1903.

Beliau menamatkan sekolah dasarnya di Jakarta. Pada tahun 1914, W.R Supratman ikut abang perempuannya yang berjulukan Roekijem pindah ke Makassar. Disana ia disekolahkan dan di biayai oleh suami Roekijem.

Pada kongres Pemuda pertama tahun 1926, Supratman yang datang ingin menampilkan terhadap ketua kongres biar ia diberi potensi memperdengarkan lagu itu dihadapan para akseptor tetapi lantaran keberaniannya belum cukup W.R Supratman hasilnya membatalkan niatnya.

Baru pada kongres cowok kedua pada mala penutupan W.R Supratman dengan tabrakan biolanya mengiringi sebarisan paduan bunyi membawakan lagu Indonesia Raya, sebelum merdeka sungguh sukar untuk menyanyikannya.

Maraknya peredaran lagu Indonesia Raya ini bikin W.R. Supratman aering diinterogasi spionase Belanda.

W.R. Supratman meninggal pada tanggal 17 Agustus 1938 dikarenakan sakit selain lagu Indonesia Raya ia juga bikin matahari terbit.

Chairil Anwar merupakan penyair yang terkenal dengan puisinya yang berjudul “AKU’”. Chairil lahir di Medan 26 Juli 1922. 

Ia merupakan putra mantan bupati Indragiri, Riau.

Ia bersekolah di Hollandshindlandsche School (HIS) yang lalu dilanjutkan di MULO, tetapi tidak hingga tamat.

Meskipun latar belakang pendidikannya terbatas, Chairil sanggup menguasai tiga bahasa yakni Inggris, Belanda, dan Jerman.

Ia juga mengisi jam-jamnya dengan membaca karya pengarang internasional. Chairil mulai mengenal dunia sastra diusia 19 tahun.

Beliau pertama kali membaca puisi “AKU” di sentra kebudayaan Jakarta pada bula Juli 1943. 

Belum genap 27 tahun, ia meninggal dunia meskipun hidupnya sungguh singkat tetapi karya-karya ia sungguh menempel pada dunia sastra Indonesia.

Wolter Monginsidi merupakan pendekar nasional pejuang kemerdekaan dari tempat Bantik Minanga.

Ia ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 5 September 1949.

Semangat juang Wolter mulai timbul lantaran menyaksikan penjajahan di bumi pertiwi yang tiada berkesudahan dan makin menjadi-jadi ia melawan penjajah tidak ada rasa takut demi merdekakan bangsa Indonesia.

Sebagai cowok yang pantang mengalah dan memiliki semangat juang tinggi, ia tak lantas tertekan dan mengalah begitu saja.

Wolter Monginsidi menulis banyak rangkaian kata sarat makna yang menampilkan kecintaannya terhadap ibu pertiwi. 

Ia dianugerahkan pemerintah Indonesia Bintang Gerilaya pada tahun 1958.

I Gusti Ngurah Rai merupakan pendekar nasional dari daerah   Bali.

Terkenal dengan ide perang yakni perang Puputan Margarana yang mempunyai arti perang secara habis-habisan di tempat Margarana. Beliau lahir di Bandung, 30 Januari 1917.

Ia kesengsem dengan dunia militer sejak kecil, Pada tahun itu Belanda sudah menduduki Bali dengan memengaruhi raja-raja Bali.

Pada tanggal 18 November tahun1916 mengalah Tabanan, lantaran itu menyerang Ngurah Rai dan pasukannya.

Pada dikala itu di desa Margarana, ia dan pasukannya meninggal semua. 

Dan perang ini dipahami dengan perang Puputan yang mempunyai arti perang habis-habisan.


Dari sejarah Sumpah Pemuda ini, sanggup kita ambil nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan membutikan bahwa ternyata banyak sekali perbedaan sanggup disatukan.

Walaupun Sumpah Pemuda terjadi di zaman dahulu, tetapi ada nilai-nilai luhur yang masih bisa kita terima dan kita amalkan. Adapn nilai-nilai yang terkandung dalam sumpah cowok yaitu:

  • Cinta Bangsa dan Tanah Air.
  • Persatuan
  • Sikap Rela Berkorban
  • Mengutamakan Kepentingan Bangsa
  • Dapat Menerima dan Menghargai Perbedaan
  • Semangat Perasaudaraan
  • Meningkatkan Semangat Gotong Royong atau Kerja Sama


Terjadinya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 itu sendiri menampilkan bahwa cowok Indonesia memiliki hal-hal berikut.

  • Potensi
  • Tanggung Jawab
  • Hak
  • Karakter
  • Aktualisasi Diri
  • Cita-Cita


Related : Ppkn Viii Potongan 5 Sumpah Cowok Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

0 Komentar untuk "Ppkn Viii Potongan 5 Sumpah Cowok Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika"

DUKUNG KAMI

SAWER Ngopi Disini.! Merasa Terbantu Dengan artikel ini? Ayo Traktir Kopi Dengan Cara Berbagi Donasi. Agar Kami Tambah Semangat. Terimakasih :)
close
close