Download Lengkap Capaian Pembelajaran Seni Rupa Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran Seni Rupa Kurikulum MerdekaDasar-Dasar Seni Rupa menghantarkan penerima didik memiliki pengertian secara utuh dan menyeluruh mengenai pengetahuan industri seni rupa, proses bisnis banyak sekali industri seni rupa, profil technopreneur, kesempatan kerja keras dan pekerjaan/profesi di bidang seni rupa, proses buatan bidang seni rupa, desain dasar dua dimensional, desain dasar tiga dimensional, menggambar, dan sketsa.

Capaian Pembelajaran Seni Rupa

    A. Rasional Seni Rupa 

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Seni Rupa ialah mata pelajaran kejuruan yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian pekerjaan seni rupa. 

    Di dalamnya berisi berbagai ilmu dasar selaku bekal mempelajari mata pelajaran lain. Keberadaannya berfungsi membekali penerima didik dengan seperangkat pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan passion (renjana) supaya memiliki dasar yang memiliki pengaruh untuk mempelajari mata pelajaran selanjutnya di kelas XI dan XII.
    Capaian Pembelajaran Seni Rupa Kurikulum Merdeka Download Lengkap Capaian Pembelajaran Seni Rupa Kurikulum Merdeka


    Mata pelajaran Dasar-Dasar Seni Rupa berfungsi untuk menumbuhkembangkan keprofesionalan dan sanjungan peserta didik kepada seni rupa lewat pengertian secara utuh dan menyeluruh mengenai pengetahuan industri seni rupa, proses bisnis berbagai industri seni rupa, profil technopreneur, kesempatan kerja keras dan
    pekerjaan/profesi di bidang seni rupa, proses buatan bidang seni rupa, desain dasar dua dimensional, desain dasar tiga dimensional, menggambar, dan sketsa. 

    Selain itu, selaku landasan pengetahuan dan ketrampilan untuk pembelajaran di kelas XI dan XII pada konsentrasi keahlian yang bersangkutan.

    Perencanaan, pelaksanaan, dan analisa pembelajaran dilakukan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan tujuan yang ingin dicapai. 

    Pembelajarannya menggunakan banyak sekali kombinasi model pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi penerima didik untuk terlibat aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat, renjana, serta kemajuan fisik dan psikilogis
    peserta didik. 

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Seni Rupa berkontribusi menjadikan peserta didik memiliki kompetensi selaku seniman dalam bidang seni rupa yang berakhlak mulia, bisa berkomunikasi, bernegoisasi dan berinteraksi antar budaya, bisa melakukan pekerjaan dalam tim, bertanggungjawab, memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap situasi dan lingkungan kerja, serta kritis dan kreatif.

    Capaian Pembelajaran Seni Rupa 

    B. Tujuan Seni Rupa 

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Seni Rupa berniat membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hards kills, soft skills, karakter) yaitu:
    1. memahami pengetahuan industri seni rupa;
    2. memahami proses bisnis banyak sekali industri seni rupa;
    3. memahami profil technopreneur, kesempatan kerja keras dan pekerjaan/profesi di bidang seni rupa;
    4. memahami proses buatan bidang seni rupa;
    5. memahami desain dasar dua dimensional;
    6. memahami desain dasar tiga dimensional;
    7. menggambar; dan
    8. memahami sketsa.

    Capaian Pembelajaran Seni Rupa 

    C. Karakteristik Seni Rupa 

    Pada hakekatnya mata pelajaran Dasar-Dasar Seni Rupa berfokus pada kompetensi bersifat dasar yang mesti dimiliki oleh seniman dalam bidang seni rupa sesuai dengan kemajuan dunia kerja.

    Selain itu, penerima didik diberikan pengertian mengenai proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan issu-issu global, profil technopreneur, job profil, kesempatan kerja keras dan pekerjaan/profesi.

    Pada permulaan pembelajaran penerima didik dikenalkan pada lapangan kerja, jabatan kerja setelah lulus dari agenda keahlian Seni Rupa dan fokus yang sanggup dipelajari pada kelas XI dan XII untuk menumbuhkan passion (renjana), vision (visi), imajinasi, dan kreativitas melalui:
    1. pembelajaran di kelas;
    2. pembelajaran di studio/bengkel/laboratorium;
    3. pembelajaran di unit Teaching Factory;
    4. projek sederhana;
    5. berinteraksi dengan alumnus atau praktisi industri;
    6. berkunjung pada industri yang relevan; dan
    7. pencarian isu lewat media digital.

    Capaian Pembelajaran Seni Rupa 

    D. Capaian Pembelajaran Seni Rupa 

    Pada simpulan fase E (kelas X), penerima didik akan mendapat citra mengenai agenda keahlian seni rupa yang dipilihnya, sehingga bisa menumbuhkan passion dan vision untuk menyiapkan dan mengerjakan acara belajar. 

    Pada faktor soft skill penerima didik akan bisa menerapkan budaya kerja sesuai
    tuntutan pekerjaan, mengetahui konsep diri yang faktual sesuai tolok ukur K3 dan 5R dalam seni rupa, menyebarkan kesanggupan berfikir kritis dan memecahkan perkara dan mencari solusi, konsisten menerapkan budaya kerja dalam berkesenian. 

    Pada faktor hard skill penerima didik bisa mengetahui elemen-elemen
    kompetensi pada mata pelajaran Dasar-Dasar Seni Rupa.

     

    Atau silahkan unduh capaian pembelajaran Seni Rupa dalam bentuk word dilink berikut ini :

    Penelusuran terkait
    • capaian pembelajaran kurikulum merdeka
    • capaian pembelajaran seni budaya kelas 10
    • capaian pembelajaran seni budaya smp
    • capaian pembelajaran seni musik
    • kurikulum merdeka mencar ilmu seni budaya smp
    • capaian pembelajaran seni budaya fase d
    • modul bimbing seni budaya kurikulum merdeka
    • cp seni rupa kurikulum merdeka

    Sumber https://www.juragandesa.id

    Related : Download Lengkap Capaian Pembelajaran Seni Rupa Kurikulum Merdeka

    0 Komentar untuk "Download Lengkap Capaian Pembelajaran Seni Rupa Kurikulum Merdeka"

    close
    close