Buku Tutorial Guru Kurikulum Merdeka Paud Capaian Pembelajaran Bagian Dasar-Dasar Literasi Dan Steam

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Buku Panduan Guru Kurikulum Merdeka PAUD Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM. Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar - Dasar Literasi dan STEAM untuk satuan PAUD hadir melengkapi seri Buku Panduan Guru PAUD. Buku ini berisi ihwal apa itu Capaian Pembelajaran Elemen Dasar - Dasar Literasi dan STEAM serta bagaimana penerapannya dalam kurikulum operasional satuan PAUD sesuai dengan konteks setempat satuan.

Buku ini juga menampilkan pola peristiwa dan acara yang dilengkapi dengan foto serta ilustrasi untuk menampilkan citra lebih utuh terkait turunan Elemen Literasi dan STEAM dalam pembelajaran. Buku ini ditulis biar Guru PAUD sanggup memaknai capaian pembelajaran selaku tujuan pembelajaran yang diubahsuaikan dengan kekhasan karakteristik Satuan PAUD menyerupai keadaan anak didik, orang tua, sosial masyarakat, lingkungan dan hal lain yang terkait dengan eksistensi satuan PAUD.


 

BAB 1 Literasi dan STEAM

A. Literasi

Apa itu literasi ?

Bagaimana literasi pada anak usia dini ?

Mengapa literasi penting untuk anak usia dini ?

Bagaimana pinjaman guru dan orang renta biar anak memperoleh pengalaman literasi yang memiliki arti ?

Bagaimana lingkungan yang kaya literasi untuk anak usia dini ?

B. STEAM

Apa itu STEAM ?

Bagaimana STEAM sanggup menimbulkan penyelesaian kepada Permasalahan?

Apa pola pengintegrasian STEAM yang menciptakan solusi?

Mengapa anak usia dini?

Bagaimana STEAM pada Anak usia dini?

C. Keterkaitan Literasi dan STEAM

Apa yang perlu dijalankan guru untuk mendatangkan acara yang bermuatan Literasi dan STEAM?

BAB 2 Tujuan Pembelajaran untuk Capaian Pembelajaran Elemen Dasar – Dasar Literasi dan STEAM

A. Capaian Pembelajaran Elemen Dasar - Dasar Literasi dan STEAM

B. Tujuan Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM

Bagaimana menerjemahkan CP Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM menjadi tujuan pembelajaran dalam kurikulum di Sekolah Penggerak?

C. Tujuan Kegiatan

Bagaimana cara meraih tujuan acara itu?

BAB 3 Pengembangan Rencana Kegiatan Pembelajaran yang Bermuatan Literasi dan STEAM

A. Pengembangan Rencana Kegiatan Pembelajaran

Apa yang mesti diamati guru dalam menyebarkan rencana acara pembelajaran ?

Bagaimana jika guru belum mengenali minat anak?

Jika minat anak telah diketahui, bagaimana cara mengembangkannya menjadi acara pembelajaran?

1. Cerita selaku wangsit acara bermain

2. Menemukan konsep dalam dongeng

3. Membuat peta konsep yang didapatkan dalam cerita

B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian

BAB 4 Pengelolaan Lingkungan dan Kegiatan Pembelajaran yang Bermuatan Literasi dan STEAM

A. Pengelolaan Lingkungan Belajar yang Bermuatan Literasi dan STEAM

Apa tujuannya?

Apa fungsinya?

Prinsip apa saja yang perlu diamati dalam pengelolaan lingkungan acara yang bermuatan Literasi dan STEM?

Media apa saja yang sanggup digunakan dalam pengelolaan acara yang bermuatan Literasi dan STEAM?

B. Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran yang Bermuatan Literasi dan STEAM

Apa tujuannya?

Apa fungsinya?

Prinsip apa saja yang perlu diamati dalam pengelolaan acara yang bermuatan Literasi dan STEAM ?

Bagaimana cara guru menetapkan taktik yang berlainan dalam meraih tujuan pembelajaran?

Bagaimana bentuk perancah (scaffolding) yang sanggup dijalankan guru pada acara yang bermuatan Literasi dan STEAM?

C. Contoh Pengelolaan Lingkungan dan Kegiatan Pembelajaran yang Bermuatan Literasi dan STEAM

BAB 5 Asesmen

Bagaimana cara guru melakukan asesmen terkait Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM ?

1. Melakukan penelitian kepada anak

2. Mengolah hasil penelitian ke dalam bentuk dokumentasi anak

3. Mengidentifikasi capaian pembelajaran anak terkait Elemen Dasar - Dasar Literasi dan STEAM menurut dokumentasi anak

4. Mengevaluasi proses pembelajaran dari hasil capaian dan minat anak

5. Pengembangan Kegiatan Lanjutan

LAMPIRAN

Apa yang mesti dijalankan guru untuk sanggup melakukan seluruh proses acara yang bermuatan Literasi dan STEAM?

1. Guru menerjemahkan Tujuan Pembelajaran di Kurikulum Sekolah menjadi Tujuan Kegiatan

2. Guru mendapatkan minat anak

3. Guru menggunakan dongeng selaku wangsit kegiatan

4. Guru menciptakan peta konsep dan rancangan kegiatan

5. Guru menciptakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

6. Guru mengurus lingkungan belajar

7. Guru mengurus acara pembelajaran

8. Guru melakukan asesmen



Sumber https://www.salamedukasi.com

Related : Buku Tutorial Guru Kurikulum Merdeka Paud Capaian Pembelajaran Bagian Dasar-Dasar Literasi Dan Steam

0 Komentar untuk "Buku Tutorial Guru Kurikulum Merdeka Paud Capaian Pembelajaran Bagian Dasar-Dasar Literasi Dan Steam"

DUKUNG KAMI

SAWER Ngopi Disini.! Merasa Terbantu Dengan artikel ini? Ayo Traktir Kopi Dengan Cara Berbagi Donasi. Agar Kami Tambah Semangat. Terimakasih :)
close
close