Buku Siswa Kurikulum Merdeka Smp Kelas 7 Bahan Pelajaran Informatika

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Buku Siswa Kurikulum Merdeka Sekolah Menengah Pertama Kelas VII Materi Pelajaran Informatika. Informatika merupakan bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pengerjaan tata cara komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Landasan berpikir untuk menuntut ilmu informatika dinamakan berpikir komputasional (computational thinking). Berpikir komputasional ini merupakan sebuah kerangka dan proses berpikir yang meliputi perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai tata cara dan persoalan. Moda berpikir (thinking mode) ini disokong dan dilengkapi dengan wawasan teoretis dan  praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan dan menyelesaikan persoalan.

Bidang-bidang wawasan infomatika dibagi menjadi: Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD),Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan  Praktika Lintas Bidang (PLB). Bidang wawasan inilah yang hendak dipelajari bareng di buku siswa ini. Isi bahan setiap penggalan terdiri atas konsep/materi/teori terkait bidang tadi dan aktivitas-aktivitas yang sanggup ditangani oleh siswa. Aktivitas ini ada yang individu dan berkelompok. Aktivitas ini juga ada plugged (membutuhkan komputer) dan unplugged (tidak memerlukan komputer). Harapannya siswa sanggup mengerti konsep dan implementasi informatika dengan lebih baik dan bermakna. Materi dan kegiatan yang disampaikan telah diadaptasi dengan keperluan siswa kelas VII dan dibungkus dalam bentuk yang menarik.



Bab 1 Informatika dan Keterampilan Generik

A. Informatika untuk Pelajar Sekolah Menengah Pertama

1. Apa dan Mengapa Perlu Belajar Informatika?

2. Apa yang hendak Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?

3. Informatika dan Proil Pelajar Pancasila

B. Pengantar Keterampilan Generik

1. Bekerja dalam Kelompok

2. Mengomunikasikan Hasil Kerja

Bab 2 Berpikir Komputasional

Apa Itu Berpikir Komputasional?

A. Algoritma

B. Optimasi Penjadwalan

C. Struktur Data

D. Representasi Data

Bab 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi

A. Pengenalan Antarmuka Pengguna

B. Folder dan File

1. Ekstensi File

2. Pengelolaan Folder

3. Pengelolaan File dengan Sistem Operasi Microsoft Windows

C. Peramban dan Search Engine

D. Surel

E. Aplikasi Perkantoran

1. Sejarah Perangkat Lunak Pengolah Kata

2. Pengolah Kata Mekanis

3. Pengolah Kata Elektromekanis dan Elektronik

4. Perangkat Lunak Pengolah Kata

Bab 4 Sistem Komputer

Pengantar Sistem Komputer

A. Perangkat Keras - Hardware

1. Perangkat Masukan (Input Devices)

2. Pemroses

3. Alat Output (Output Devices)

4. Peranti Penyimpanan Sekunder (Secondary Storage Device)

5. Peranti Lainnya

6. Spesiikasi Perangkat Keras

B. Perangkat Lunak - Software

1. Sistem Operasi (Operating System)

2. Program Aplikasi

C. Interaksi Antarperangkat

Closed-Circuit Television (CCTV)

D. Permasalahan dan Spesiikasi Perangkat Keras

E. Bilangan Biner

1. Mesin Fax dan Modem

2. Menghitung lebih dari 31

3. Lebih Lanjut mengenai Bilangan Biner

Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet

A. Pengantar Jaringan Komputer dan Internet

World Wide Web (WWW )

B. Koneksi Internet

1. Wireless LAN (Wi-Fi)

2. Tethering

C. Proteksi Data dan File

1. Cara Kerja Enkripsi

2. Caesar’s Cipher

Bab 6 Analisis Data

A. Mengenal Data

1. Apa itu Data?

2. Satuan Ukuran Data

3. Apa itu Analisis Data?

4. Apa itu Interpretasi Data?

5. Mengapa Perlu Analisis Data?

6. Kegiatan Apa yang hendak Kalian Lakukan Terkait Analisis Data?

B. Perkakas Pengolah Lembar Kerja

1. Mengenal Perkakas

2. Worksheets

3. Freeze Panes

4. Cell References

5. Format Cells

C. Pengolahan Data Dasar

1. Fungsi Dasar

2. Fungsi Statistik Dasar

3. Logical Function

D Pengolahan Data Lanjutan

1. Sort

2. Filter

3. Data Validation

4. Share and Protect

E. Kasus Analisis Data Unplugged

Bab 7 Algoritma dan Pemrograman

A.Pemrograman

1. Mengapa Perlu Belajar Programming?

2. Bagaimana Belajar Programming?

3. Scratch

4. Membuat Akun

5. Mengenal “Universe” Scratch

B. Eksplorasi Fungsi Dasar

C. Robot Manual

Bab 8 Dampak Sosial Informatika

A. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

1. Pengaruh TIK kepada Kehidupan Masyarakat

2. Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi

B. Kolaborasi di Dunia Maya

C. Media Sosial

D. Informasi Pribadi dan Hukum Privasi

1. Hukum Privasi

2. Persetujuan yang Diinformasikan

Bab 9 Praktika Lintas Bidang Informatika

A. Pengembangan Artefak Komputasional

1. Starter Makey Makey: Bermain dengan Alat

2. Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey

B. Aktivitas Unplugged: Bermain Strategi



Sumber https://www.salamedukasi.com

Related : Buku Siswa Kurikulum Merdeka Smp Kelas 7 Bahan Pelajaran Informatika

0 Komentar untuk "Buku Siswa Kurikulum Merdeka Smp Kelas 7 Bahan Pelajaran Informatika"

DUKUNG KAMI

SAWER Ngopi Disini.! Merasa Terbantu Dengan artikel ini? Ayo Traktir Kopi Dengan Cara Berbagi Donasi. Agar Kami Tambah Semangat. Terimakasih :)
close
close