Algoritma Dan Pola Dalam Keseharian

Haiii.......saya Dimas A.K.A Dimboy akan memberitahukan pengetahuan fundamental perihal algoritma bahasa pemograma,pengaplikasian algortima dalam kehidupan,pokoknya banyak sekali hal fundamental perihal Bahasa pemograman dan algoritma.

Okeh..simak baik-baik dan selamat membaca



Bahasa Pemrograman


bahasa pemrograman adalah suatu bahasa yang dimengerti oleh komputer,bahasa pemograman dibedakan menjadi:
• Bahasa tingkat rendah (low level language):
Bahasa yang berorientasi ke mesin.
• Bahasa tingkat tinggi (high level language):
Bahasa yang berorientasi ke insan (seperti bahasa inggris). Contoh bahasa Pascal, bahasa C, dll.
2. Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman akan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin (kenal dengan biner digit) dengan menggunakan penerjemah.
Penerjemah:
• Interpreter : menerjemahkan baris per baris instruksi. Contoh bahasa Basic.
• Compiler : menerjemahkan sesudah seluruh isyarat ditulis. Contoh bahasa Pascal, bahasa C/C++, dll.

Algoritma

Arti umum ialah serangkaian urutan langkah-langkah yang tepat, logis, terperinci, dan terbatas untuk menuntaskan suatu duduk masalah yang disusun secara sistematis.
1. Algoritma ialah inti dari ilmu komputer
2. Algoritma ialah urutan-urutan dari isyarat atau langkah-langkah untuk menuntaskan suatu masalah
3. Algoritma ialah blueprint dari program
4. Sebaiknya disusun sebelum menciptakan program
5. Kriteria suatu algoritma:
• Ada input dan output
• Efektifitas dan efisien
• Terstruktur

Contoh:
Algoritma TUKAR ISI BEJANA
Diberikan 2 buah ember A dan B, ember A berisi larutan berwarna merah, ember B berisi larutan berwarna biru. Tukarkan isi kedua ember itu sedemikian sehingga ember A berisi larutan warna biru dan ember B berisi larutan berwarna merah.
Deskripsi:
1. Tuangkan larutan dari ember A ke dalam ember B
2. Tuangkan larutan dari ember B ke dalam ember A
Algoritma TUKAR ISI BEJANA di atas tidak menghasilkan pertukaran yang benar. Langkah di atas tidak logis, hasil pertukaran yang terjadi ialah pertukaran kedua larutan tersebut.
Untuk itu pertukaran isi dua bejana, diharapkan sebuah embel-embel sebagai kawasan penampungan sementara, contohnya ember C. Maka algoritma untuk menghasilkan pertukaran yang benar ialah sebagai berikut:
Diberikan dua buah ember A dan B, ember A berisi larutan berwarna merah, ember B berisi larutan berwarna biru. Tukarkan isi kedua ember itu sedemikian sampai ember A berisi larutan berwarna biru dan ember B berisi larutan berwarna merah.
Deskripsi:
1. Tuangkan larutan dari ember A ke dalam ember C.
2. Tuangkan larutan dari ember B ke dalam ember A.
3. Tuangkan larutan dari ember C ke dalam ember B.



Ciri Penting Algoritma
1. Algoritma harus berhenti sesudah menjalankan sejumlah langkah terbatas.
2. Setiap langkah harus didefinisikan dengan sempurna dan tidak berarti-dua (ambiguitas).
3. Algortima mempunyai nol atau lebih masukan.
4. Algoritma mempunyai nol atau lebih keluaran.
5. Algoritma harus efektif (setiap langkah sederhana sehingga sanggup dikerjakan dalam waktu yang masuk akal).
Memrogram dan Bahasa Pemrograman:
1. Belajar memrogram ialah berguru perihal metode pemecahan masalah, lalu menuangkannya dalam suatu notasi tertentu yang gampang dibaca dan dipahami.
2. Belajar bahasa pemrograman ialah menggunakan suatu bahasa, aturan, tata bahasanya, instruksi-instruksinya, tata cara pengoperasian compiler-nya untuk menciptakan aktivitas yang ditulis dalam bahasa itu saja.
Notasi Algoritma:
1. Penulisan algoritma tidak tergantung dari spesifikasi bahasa pemrograman dan komputer yang mengeksekusinya. Notasi algoritma bukan notasi bahasa pemrograman tetapi sanggup diterjemahkan ke dalam banyak sekali bahasa pemrograman.
2. Notasi algoritma sanggup berupa:
• Uraian kalimat deskriptif (narasi):
Contoh:
Algoritma kelulusan mahasiswa
Diberikan nama dan nilai mahasiswa, bila nilai tersebut lebih besar atau sama dengan 60 maka mahasiswa tersenut dinyatakan lulus, bila nilai lebih kecil dari 60 maka dinyatakan tidak lulus.
Deskripsi:
Baca nama dan nilai mahasiswa
Jika nilai >= 60 maka
Keterangan = lulus
Tetapi bila salah
Keterangan = tidak lulus
Tulis nama dan keterangan.
Tahapan Pembuatan Program:
1. Mendefinisikan duduk masalah dan menganalisanya. Mencangkup : tujuan pembuatan, parameter yang digunakan, kemudahan yang disediakan, algoritma yang diterapkan, dan bahasa pemrograman yang digunakan.
2. Merealisasikan dengan langkah-langkah sebagai berikut:


Contoh Algoritma:
1. Mengirim surat kepada teman:
• Tulis surat pada secarik kertas surat
• Ambil sampul surat
• Masukkan surat ke dalam sampul
• Tutup sampul surat dengan perekat
• Jika kita ingat alamat sobat tersebut, maka tulis alamat surat pada sampul
• Jika tidak ingat, lihat buku alamat, lalu tulis alamat surat pada sampul
• Tempel prangko pada sampul
• Bawa sampul ke kantor pos untuk diposkan
2. Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap:
• Masukkan sebuah bilangan sembarang
• Bagi bilangan tersebut dengan 2
• Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2
• Bila sisa hasil sama dengan 0, maka bilangan itu ialah bilangan genap
• Jika hasil bagi sama dengan 1, maka bilangan itu ialah bilangan ganjil
Flowchart
1. Flowchart ialah bagan-bagan yang mempunyai arus menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah
2. Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma
3. Ada 2 macam flowchart:
• System flowchart:
Urutan proses dalam system dengan mengatakan alat media input, output serta jenis penyimpanan dalam proses pengolahan data.
• Program flowchart:
Urutan isyarat yang digambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan duduk masalah dalam suatu program.
Contoh aktivitas Flowchart
Simbol-simbol Flowchart
1. Flow Direction Symbols (simbol penghubung alur)
2. Processing Symbols (simbol proses)
3. Input-Output Symbols (simbol input-output)
Tabel Simbol-simbol Flowchart
Pembuatan Flowchart
1. Tidak ada kaidah yang baku
2. Flowchart = citra hasil analisa suatu masalah
3. Flowchart sanggup bervariasi antara satu pemrograman dengan pemrograman lainnya.
4. Secara garis besar ada 3 bab utama:
• Input
• Proses
• Output
5. Hindari pengulangan yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat
6. Jalannnya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
7. Sebuah Flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan End.
Pseudocode:
1. Diberikan nama dan nilai mahasiswa, bila nilai tersebut lebih besar atau sama dengan 60 maka mahasiswa tersebut dinyatakan lulus bila tidak maka dinyatakan tidak lulus.
Deklarasi:
Nama : String
Nilai : Integer
Keterangan : String
Deskripsi:
Read (nama, nilai)
if nilai >= 60 then
Keterangan = 'lulus'
else
Keterangan = 'tidak lulus'
write (nama, keterangan)
Aturan Penulisan Teks Algoritma
1. Judul Algoritma
Bagian yang terdiri atas nama algoritma dan klarifikasi (spesifikasi) perihal algoritma tersebut. Nama sebaiknya singkat dan menggambarkan apa yang dilakukan oleh algoritma tersebut.
2. Deklarasi
Bagian untuk mendefinisikan semua nama yang dipakai di dalam program. Nama tersebut sanggup berupa nama tetapan, peubah, tipe, prosedure, dan fungsi.
3. Deskripsi
Bagian ini berisi uraian langkah-langkah penyelesaian duduk masalah yang ditulis dengan menggunakan notasi yang akan dijelaskan selanjutnya.
Contoh Pseudocode:
1. Algoritma Luas_Keliling_Lingkaran (ini merupakan judul algoritma)
{
Menghitung luas dan keliling untuk ukuran jari-jari tertentu. Algoritma mendapatkan masukkan jari-jari lingkaran, menghitung luas dan kelilingnya, dan mencetak luas bundar ke piranti keluaran
} (ini spesifikasi algoritma)
2. Deklarasi
const phi = 3.14 {nilai konstanta phi}
R : real {jari-jari lingkaran}
Luas : real {luas lingkaran}
Keliling : real {keliling lingkaran}
3. Deskripsi
Read (R)
Luas = phi * R * R
Keliling = 2 * phi * R
Write (luas, keliling)

Yahh...mungkin segitu saja yang sanggup saya sharing perihal algoritma dan pola nya dalam kehidupan sehari-hari,semoga bermanfaat dan maaf bila ada salah-salah ketik.BYEE....

Related : Algoritma Dan Pola Dalam Keseharian

0 Komentar untuk "Algoritma Dan Pola Dalam Keseharian"

DUKUNG KAMI

SAWER Ngopi Disini.! Merasa Terbantu Dengan artikel ini? Ayo Traktir Kopi Dengan Cara Berbagi Donasi. Agar Kami Tambah Semangat. Terimakasih :)
close
close